Senin, 09 Maret 2009

Tanya Jawab seputar pembayaran menggunakan kartu


SURAT EDARAN BANK INDONESIA NO. 10/20/DASP PERIHAL PERUBAHAN KEDUA ATAS SURAT EDARAN BANK INDONESIA NO. 7/60/DASP TANGGAL 30 DESEMBER 2005 PERIHAL PRINSIP PERLINDUNGAN NASABAH DAN KEHATI-HATIAN, SERTA PENINGKATAN KEAMANAN DALAM PENYELENGGARAAN KEGIATAN ALAT PEMBAYARAN DENGAN MENGGUNAKAN KARTU (APMK)


Ringkasan :

  1. Surat Edaran ini merupakan perubahan kedua atas Surat Edaran No. 7/60/DASP tanggal 30 Desember 2005 perihal Prinsip Perlindungan Nasabah dan Kehati-hatian, serta Peningkatan Keamanan Teknologi dalam Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu sebagaimana diubah dengan Surat Edaran No. 8/18/DASP tanggal 23 Agustus 2006.
  2. Materi SE No. 7/60/DASP yang mengalami perubahan adalah:
    1. Batas maksimum nilai nominal dana yang dapat ditransfer antar Penerbit Kartu ATM melalui mesin ATM disesuaikan dari semula Rp10.000.000,- per rekening dalam satu hari menjadi Rp25.000.000,- per rekening dalam satu hari, dengan ketentuan:
      1. hanya berlaku untuk transfer dana antar Penerbit dimana rekening pengirim dan penerima berada pada Penerbit yang berbeda, dan seluruh proses transfer dana diselesaikan melalui jaringan ATM antar Penerbit; dan
      2. tidak berlaku untuk transfer dana intra Penerbit di mana rekening pengirim dan penerima berada pada Penerbit yang sama.
    2. Batas maksimum nilai nominal dana untuk penarikan tunai dengan Kartu ATM dan Kartu Kredit melalui mesin ATM tetap tidak mengalami perubahan, yaitu sebesar Rp10.000.000,- per rekening dalam satu hari.

Tanya-jawab :

1.
Q : Materi apakah yang diubah dalam SEBI perubahan kedua SEBI No. 7/60/DASP tanggal 30 Desember 2005 tersebut?

A : Materi yang diubah adalah batas maksimum nilai nominal dana yang dapat ditransfer antar Penerbit Kartu ATM melalui mesin ATM. Dalam SEBI No. 7/60/DASP, batas maksimum nilai nominal dana yang dapat ditransfer antar Penerbit ATM melalui mesin ATM adalah sebesar Rp10.000.000,- per rekening dalam satu hari. Dalam SEBI No. 10/20/DASP, batas tersebut dinaikkan menjadi Rp25.000.000,- per rekening dalam satu hari.

2.
Q : Apa latar belakang perubahan ketentuan tersebut?

A : Latar belakang perubahan dimaksud adalah mengingat batas nominal dana yang dapat ditransfer antar penerbit kartu ATM melalui mesin ATM saat ini dirasa terlalu kecil karena perkembangan kebutuhan masyarakat, transaksi pada hari libur yang semakin besar serta mengakomodir perkembangan transaksi transfer dana nasabah antarnegara yang dikembangkan oleh beberapa perusahaan switching.

3.
Q : Dengan diimplementasikannya SEBI mengenai perubahan kedua atas SEBI No. 7/60/DASP tersebut, apa yang dapat dilakukan oleh bank-bank sebagai penerbit kartu ATM?

A : Bank sebagai penerbit ATM diberikan keleluasaan untuk menetapkan batasan maksimum nilai dana yang dapat ditransfer oleh nasabahnya ke bank lain dengan menggunakan kartu ATM dan melalui mesin ATM, sepanjang nilainya kurang atau sama dengan Rp25 juta. Penetapan batas maksimum nilai dana ini dilakukan oleh bank dengan memperhatikan manajemen risiko masing-masing.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar